Sabtu, 22 Oktober 2011

Membuat Jaringan Peer to Peer


Sharing
Sharing ini biasanya digunakan untuk (membagi) koneksi internet antara 2 buah komputer. Dengan membagi (sharing) koneksi internet, kita dapat mengakses internet dengan 2 buah komputer secara bersama-sama dengan hanya 1 koneksi internet. Namun dengan membagi (sharing) koneksi internet antara 2 komputer maka kecepatan koneksi akan turun daripada mengakses internet dengan 1 buah computer.

Maping
Mapping biasanya digunakan untuk mengirim data, file, atau gambar dengan menggunakan antara dua komputer yang telah saling terkoneksikan yang dikoneksikan melalui jaringan LAN.

Netmeeting
NetMeeting adalah software yang disediakan oleh windows untuk berkomunikasi, kirim file dalam LAN (Local Area Network), confrence antar komputer, sharing data, chatting seperti layaknya yahoo messenger, IM, Gtalk dan sebagainya.





TEORI

1).        Sharing
Sharing ini biasanya digunakan untuk (membagi) koneksi internet antara 2 buah komputer. Dengan membagi (sharing) koneksi internet, kita dapat mengakses internet dengan 2 buah komputer secara bersama-sama dengan hanya 1 koneksi internet. Namun dengan membagi (sharing) koneksi internet antara 2 komputer maka kecepatan koneksi akan turun daripada mengakses internet dengan 1 buah komputer. Internet sharing adalah kemampuan untuk melakukan sharing/berbagi koneksi Internet. Dengan hanya sebuah saluran komunikasi (misalnya telepon) beberapa komputer bisa digunakan secara bersama-sama sekaligus untuk koneksi ke internet. Secara garis besar, komponen-komponen internet sharing adalah :
a. Gateway
b. Jaringan/LAN yang terdiri dari workstation-workstation
c. Koneksi internet
a. Gateway
                   Komputer gateway (gateway=gerbang) digunakan sebagai  penghubung antara   jaringan/LAN dan internet. Biasanya menggunakan suatu perangkat lunak proxy (misal : WinGate) dengan fasilitas tersambung ke internet (dalam hal ini menggunakan dial up telepon). Kita cukup menggunakan satu IP Address yang dikenal/teregristrasi di internet dari ISP di mana kita mendaftar.
b. Jaringan/LAN
                  Terdiri dari komputer-komputer yang dapat terkoneksi ke internet melalui gateway secara bersama-sama. Komputer-komputer ini menggunakan IP private (IP yang tidak dikenal oleh internet/jaringan luar) misalnya menggunakan IP 10.x.x.x.
c. Koneksi internet
                 Metode yang digunakan untuk melakukan koneksi ke internet (dalam hal ini menggunakan dial up telepon). Tiga buah di antaranya adalah workstation, masing-masing menggunakan IP private. Sedangkan gateway selain mempunyai IP private juga mempunyai IP address yang terdaftar di internet didapat dari ISP-nya.

2).     Maping
Mapping biasanya digunakan untuk mengirim data, file, atau gambar dengan menggunakan antara dua komputer yang telah saling terkoneksikan yang dikoneksikan melalui jaringan LAN. Sebelum mempraktikkan pemetaan drive jaringan, kita harus mengetahui dulu apa yang dinamakan dengan drive mapping. Drive mapping adalah huruf yang dipakai untuk menandai sebuah drive di Windows. Yang paling umum adalah A: untuk  floppy, C: untuk harddisk primer, dan seterusnya. Jika lita berada dalam sebuah jaringan, drive mapping juga bisa dipakai untuk menandai drive lain yang ada di jaringan.
3).     Netmeeting
Pengertian NetMeeting adalah software yang disediakan oleh windows untuk berkomunikasi, kirim file dalam LAN (Local Area Network), confrence antar komputer, sharing data, chatting seperti layaknya yahoo messenger, IM, Gtalk dan sebagainya. Selain itu netmeeting ini mendukung komunikasi seperti telepon yang dilengkapi dengan fasilitas gambar. NetMeeting memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet atau internet  lokal Anda (LAN), dengan menggunakan Netmeeting kita dapat:
-        Berbicara dengan orang lainmenggunakan video untuk melihat orang lain dan membiarkan orang lain melihat Anda.
-          Berbagi aplikasi dan dokumen dengan orang lain. 
-          Berkolaborasi dengan orang lain dalam aplikasi berbagi.
-          Mengirim file ke orang lain.
-          Mengirim pesan ke orang lain di chat.

 

SPESIFIKASI

 

1.      Dua buah computer yang tersambung (connect) dengan processor pentium 4, juga dengan RAM masing – masing computer 1 GB.

2.      Kabel cross (yang sebelumnya sudah terpasang pada kedua buah computer.

3.      LAN Card yang sudah terpasang pada masing – masing computer.

 

 

Membuat Jaringan Peer to Peer


Jaringan komputer Peer to Peer (PC to PC) adalah jaringan komputer yang hanya menghubungkan dua komputer dimana kedua komputer bisa menjadi server maupun client, jadi tidak ada perbedaan antara client dan server. Dalam pemasangan Jaringan Peer to Peer anda tidak perlu memakai hub karena dalam tipe jaringan dua komputer (PC to PC) ini dapat langsung dihubungkan dengan 1 kabel UTP.
Sebagai catatan untuk membuat jaringan komputer peer to peer kabel UTP yang dibuat harus dengan Crossover / Crossline karena jika menggunakan Straight Through kabel LAN dianggap tidak terkoneksi (a network cable is unplugged) kecuali jika Ethernet atau LAN Card yang anda gunakan sudah support dengan straight through.

Untuk membuat kabel jaringan Crossover / Crossline sebagai berikut :

Siapkan alat yang dibutuhkan:

a. Kabel UTP
b. Konektor RJ-45
 c. Crimping Tool
d. LAN Tester


Perlu ketahui bahwa kabel UTP memiliki 4 pasang kabel kecil di dalamnya yang memiliki warna berbeda. 4 pasang kabel itu adalah :


Pasangan 1 : Putih/Biru dan Biru,
Pasangan 2 : Putih/Oranye dan Orange,
Pasangan 3 : Putih/Hijau dan Hijau,
Pasangan 4 : Putih/Coklat dan Coklat



Proses pembuatan :
Urutan pemasangan : Salah satu sisi kabel dibuat sesuai dengan standar “Straight Through”, sedangkan sisi kabel lainnya, dilakukan “Cross-Over”, yaitu :
Pin 1 : Putih/Hijau
Pin 2 : Hijau
Pin 3 : Putih/Oranye
Pin 4 : Biru
Pin 5 : Putih/Biru
Pin 6 : Oranye
Pin 7 : Putih/Coklat
Pin 8 : Coklat



Langkah-langkah pemasangan kabel UTP pada konektor RJ45 :
1. Kupas jaket dari kabel UTP dengan menggunakan crimping tool atau alat pengupas kabel khusus.

2. Pisahkan empat lilitan kabel UTP menjadi delapan bagian, setelah itu luruskan tiap-tiap kabel agar dapat mudah dipotong.

3. Susunlah urutan warna sesuai dengan konfigurasi crossover dan sesuaikan ujung kabel yang akan dipotong dengan konektor yang akan dipasang.

4. Gunakan tang pemotong atau crimping tools, potonglah ujung kabel secara rata agar kabel mudah dimasukan ke lubang konektor

5. Masukkan ujung kabel yang telah dipotong ke lubang konektor RJ-45 secara bersamaan, kemudian jepit konektor dengan menggunakan crimping tool agar konektor terkunci.

6. Lakukan tes dengan LAN Tester, jika semua lampu indikator menyala berarti semua bagian kabel  sudah terpasang dengan benar.


Setelah pembuatan kabel crossover selesai silahkan hubungkan ke kedua komputer, lalu setting masing-masing IP komputer dengan cara :


1. Klik Start-All Program-Conect to-Show all Conection. Kemudian akan muncuk halaman seperti gambar di atas.Klik ganda pada Local Area Conections, kemudian  pilih Properties.

2. Pilih Properties pada Internet Protocol-Klik Ok. Kemudian akan  muncul  General dari Internet Protocol lalu isilah IP addressnya.
  Kemudian balik lagi ke Properties pada Internet Protocol-klik Ok-klik Close pada Local Area Conections Status.

3. Langkah selanjutnya, klik Start-Run. Ketik cmd, kemudian klik Ok.

4.Ketik ping (ip address)-Enter.


5. Kemudian kembali ke Dekstop-klik Shorcut NetMeeting.

6. NetMeeting dapat digunakan untuk Chat antar computer, dengan cara klik tombol Chat, kemudian akan muncul kolom Massage.

7. NetMeeting juga dapat digunakan untuk mentransfer file antar computer, dangan cara klik tombol File Transfer, kemudian kita dapat memilih file yang akan ditransfer.

8. Kemudian tunggu proses mentransfer hingga Complete.

9. Untuk mengganti nama user yang digunakan, dapat dilakukan dengan cara klik Tool-Options…

11. Kita dapat mengisi kolom Firs Name, Last Name, dan E-mail Address dengan lengkap. Lalu pilih Yes-Ok.
Klik Close, untuk keluar dari NetMeeting.

0 comments:

Posting Komentar